Wednesday 28 June 2023

Confession, Salah Satu Film Korea Keren yang dibintangi So Ji Sub

 


Pecinta film genre misteri thriller sepertinya perlu memasukkan Confession dalam daftar tontonan minggu ini. Film asal Korea Selatan ini sebenarnya sudah tayang tahun 2022 silam, namun saya baru sempat menontonya baru-baru ini. Yang membuat saya cukup jatuh hati dengan film ini karena alurnya tidak membosankan bahkan sejak awal diputar. Selain itu, ceritanya tidak gampang ditebak dan dipenuhi dengan plot twist yang membuat kita ga menyangka ceritanya ternyata diluar tebakan. Film yang di adaptasi dari The Invisible Guest (2016) ini bercerita tentang sepasang suami istri yang membalas dendam atas kematian stragis anak laki-lakinya.  

Kisahnya dimulai dari insiden pembunuhan di sebuah kamar hotel. Yoo Min-ho merupakan seorang CEO disebuah perusahaan IT yang dituduh membunuh seorang wanita bernama Kim Se-Hee yang tidak lain adalah selingkuhannya. Berita tentang Yoo Min Ho membunuh selingkuhannya menyebar dengan cepat di seluruh kota. Dia disebut sebagai pelaku utama pembunuhan karena saat ditemui, hanya ada dia dan mayat Se-Hee di kamar tersebut. Yoo Min-Ho membantah, dan sangat yakin pasti ada orang ketiga yang membunuh Se-Hee karena seingatnya, waktu itu ada seseorang memukul kepalanya dengan vas bunga hingga tidak sadarkan diri. Begitu bangun dia melihat Se-Hee telah berlumuran darah di kamar mandi.

Min Ho lalu mendatangkan seorang pengacara yang bisa membebaskannya dari kasus pembunuhan ini. Pengacaranya itu bernama Yang Shin-ae, yang merupakan seorang perempuan setengah baya dengan rambut sebahu. Saat mereka berdua membahas kasus ini, Shin-ae menanyakan soal anak laki-laki SMA bernama Han Seon Je yang hilang sekitar 2 bulan lalu karena dia yakin kasus pembunuhan ini memiliki hubungan erat dengan kasus hilangnya Seon Je.

Min Ho tampak tidak mau membahas masalah itu, tapi Shin ae mengeluhkan Min Ho mungkin akan segera ditangkap karena terlalu banyak membuang waktu. Min Ho mau tidak mau akhirnya menceritakan bahwa sekitar dua bulan lalu dia berkendara di bawah gunung bersama selingkuhannya Se-Hee, dimana Se Hee adalah yang menyetir mobil. Saat itu, Min Ho meminta untuk mengakhiri hubungan mereka, tapi Se Hee kecewa dan tidak fokus menyetir. Akhirnya mereka mengalami kecelakaan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Saat mereka melihat ke dalam mobil, Seon Je yang masih memakai seragam SMA sudah tidak bergerak dengan kepala dipenuhi darah.

Dia bernisiatif untuk menelpon polisi untuk mengurus kecelakaan dan berharap Seon Je bisa selamat, tapi Se Hee melarangnya karena tidak ingin terlibat kasus, dia lebih memilih untuk melenyapkan mobil dan mayat itu karena tidak ada satupun orang yang melihat mereka. Dia mengaku tidak punya pilihan lain selain mengikuti apa yang dikatakan pacarnya. Dia berpikir masalah ini telah selesai, namun ternyata beberapa lama dia mulai diteror oleh seorang yang ga dikenal yang mengaku tau tentang kejadian kecelakaan itu. Orang itu meminta sejumlah uang tutup mulut dan bertemu di sebuah hotel. Inilah akhirnya alasan kenapa dia dan Se Hee bertemu di hotel. Tapi orang itu tidak kunjung datang, yang ada mereka melihat beberapa mobil polisi menuju hotel. Dalam keadaan panik itu, seseorang memukul kepalanya dengan keras hingga pingsan. Begitu bangun, dia melihat Se Hee telah mayat dengan tubuh berlumuran darah.

Mendengar cerita itu, dengan wajah masih tenang Shin-ae meminta Min Ho untuk tidak berbohong kepada pengacaranya sendiri. Mereka tidak akan menang jika Min Ho terus mengarang cerita. Kamar itu dikunci dari dalam dan tidak ada jalan keluar dari sana. Jadi tidak mungkin jika ada orang ketiga yang membunuh Se Hee dalam ruangan itu. Shin ae bertanya-tanya, bagaimana jika cerita sebenarnya adalah justru kebalikannya? Min Ho yang menyetir? Tidak terima diajak putus? yang menyebabkan kecelakaan? Membuang mayat disuatu tempat? dan membunuh Se Hee?

Karena dikorek terus sama pengacaranya, akhirnya Min Ho menceritakan kejadian sebenarnya tentang dua kematian di waktu yang berbeda itu. Min Ho mengaku dia memang pembunuh Seon Je dan Se Hee. Mata Shin ae terlihat berlinangan dan dia tidak mampu mengontrol emosi saat Min Ho mengatakan kalau Seon Je ternyata masih hidup setelah kecelakaan itu, tapi karena tidak ada pilihan lain akhirnya dia memukulnya sampai mati dan membuangnya. Perilaku Shin ae yang baper & tidak seperti pengacara pada umumnya membuat Min Ho curiga siapa sebenarnya wanita ini.

Pasti sama dengan isi benak Min Ho, teman-teman yang membaca ini juga pasti penasaran siapa pengacara ini sebenarnya. Saya akan kasih sedikit bocoran lagi kalau ternyata Shin ae ini sebenarnya adalah ibu Seon Je yang sengaja menyamar demi membuat Min Ho mengakui kebohongannya dan demi tau dimana Min Ho membuang mayat anaknya. Jadi wajar saja dia tidak bisa mengontrol emosi saat mendengar bagaimana anaknya diperlakukan dengan kejam. Lalu, bagaimana ya nasib Shin ae begitu tau dia hanya pengacara bohongan? Apakah akhirnya dia tau dimana tepatnya Min Ho membuang mayat anaknya? Dan apakah Min Ho mendapatkan ganjaran yang harusnya dia dapatkan?

Tentang Film dan Karakter

Judul              : Confession

Diangkat dari : The Invisible Guest (Oriol Paulo)

Sutradara       : Yoon Jong –seok

Produser        : Won Dong-yeon & Kim Ji-hong

Taggal rilis    : 20 Maret 2022 (FIFF), 26 Oktober 2022 (Korea Selatan)

Jujur, sebelum membuat sinopsis film Confession ini saya hampir tidak mengenali ternyata bintang utamanya adalah So Ji Sub. Padahal saya sudah cukup banyak menonton dramanya seperti Oh My Venus, The Master’s Sun, dan film Only You. Mungkin karena penampilannya cukup berbeda dibandingkan di kebanyakan drama lain. Di film ini, dia adalah Yoo Min-ho, seorang atasan disebuah perusahaan teknologi dengan penampilan brewokan dan berkumis tipis. Jika di kebanyakan drama So Ji Sub adalah pria cool, dan romantis, maka di film ini dia adalah seorang pembunuh, jadi  jangan berharap dulu Ji Sub bakal bermain dengan karakter romantis seperti di drama, karena sudah beda genre.

Yang menjadi lawan mainnya adalah Yun Jin Kim yang bemain sebagai Yang Shin ae, yaitu ibu Seon Je yang menyamar menjadi pengacara untuk membalas dendam sekaligus ingin menemukan mayat anaknya yang tidak ditemukan. Pemain lain lain yang juga dominan di film ini adalah aktris cantik Im Jin-ah alias Nana. Nana adalah salah satu mantan member grup After School generasi ketiga yang saat ini lebih banyak mendalami peran di dunia akting. Dalam ini, Nana berperan sebagai Kim Se-Hee yang merupakan selingkuhan Min Ho dan di film ini Se Hee berakhir stragis setelah dibunuh oleh pacarnya sendiri.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon