Friday 3 February 2017

Mengenal Midori No Hi (Hari Hijau) di Jepang


Selain Taiiku No Hi, hari lain yang selalu diperingati oleh masyarakat yaitu Midori no Hi atau Hari Hijau. Seperti dikutip dari laman Wikipedia, hari yang jatuh pada tanggal 4 Mei dan menjadi salah satu hari libur resmi di Jepang ini dibuat untuk mengenal alam, berterimakasih atas kemurahan alam, dan memperkaya hati nurani. Dengan kata lain, hari ini merupakan bentuk dari rasa syukur dan terimakasih masyarakat terhadap alam yang sudah memberikan banyak manfaat.
Pada hari ini, masyarakat Jepang melakukan penanaman pohon, menebar bibit dan ada juga yang membersihkan taman. Setelah itu, para orangtua biasanya mengajak anggota keluarga untuk relaksasi menikmati keindahan alam di taman, gunung, ataupun hutan lindung. Kegiatan ini akan menyenangkan karena ditambah dengan suasana musim semi yang cerah.
Tempat yang cukup populer didatangi yaitu taman Shiba Park. Selain Shiba, tentu saja banyak taman dan objek wisata alam lain di Jepang yang bisa dikunjungi. Menariknya, pada hari libur Midori No Hi ini, pengunjung taman nasional dan juga taman yang dikelola oleh pemerintah daerah dibebaskan dari biaya masuk sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengenal dan lebih dekat dengan alam.
Selain taman, banyak juga masyarakat Jepang pergi ke tempat-tempat umum untuk menikmati berbagai festival, musik, dan makanan bersama teman-teman atau keluarga mereka. Yang pasti, pada hari ini, masyarakat Jepang melakukan berbagai kegiatan untuk alam dan menikmati alam bebas dengan penuh suka cita.

Image by http://signa.jp




EmoticonEmoticon