Saturday 21 October 2017

Sinopsis Anime Hanasaku Iroha: Home Sweet Home

Anime movie Hanasaku Iroha memiliki cerita yang cukup ringan dan berkesan. Bisa dibilang, anime yang disutradarai Masahiro Ando ini sangat cocok untuk menemani waktu santaimu. Secara keseluruhan, dari anime ini bercerita tentang hubungan antara ibu dan anaknya. Karakter utama dari anime ini yaitu Ohana. 

Dia adalah seorang gadis berambut ikal yang bekerja di sebuah penginapan keluarga bernama penginapan Kissui yang tidak lain dan tidak bukan adalah penginapan milik neneknya sendiri. Meski ini adalah penginapan neneknya, namun bagaimana dia bekerja tidak dibedakan dengan pegawai penginapan yang lain.

Di penginapan inilah Ohana melakukan berbagai kegiatan dan juga saling berinteraksi dengan semua pegawai lainnya. Di penginapan, Ohana memiliki teman yang imut dan juga cerewet bernama Yuina. Dia adalah anak dari ibu Penginapan Fukuya yang sengaja magang di penginapan Kissui untuk belajar banyak hal tentang adat di penginapan. 

Lucu sekali melihat Yuina yang selalu ceria dan penuh semangat dalam melakukan pekerjaannya.

Selain itu, juga ada Nako si gadis manis yang lembut. Nako ini selalu ditinggal oleh ibunya karena sibuk bekerja. Dia sebenarnya tidak masalah, tetapi dia memikirkan kedua adiknya yang masih kecil dan membutuhkan kasih sayang ataupun perhatian yang lebih. Adiknya, Mana sering merasa sedih karena ibunya selalu tidak ada waktu untuknya dan bahkan tidak menepati janjinya untuk membawanya ke taman bermain. Karena itulah, Nako selalu menghiburnya dan begitu memperhatikannya.

Dengan kata lain, Nako berusaha untuk memberikan kasih sayang dan perhatian yang mungkin tidak didapatkannya dari ibunya. Karena itulah, Ohana merasa kagum dengan sikap dewasa dan keibuan yang dimiliki Nako. Dan, dari sana dia juga mempelajari banyak hal dan merubah sikapnya menjadi lebih baik lagi.    

Masalah yang tengah dihadapi Nako sebenarnya hampir sama dengan apa yang dirasakan Ohana. Ohana juga tidak begitu menyukai ibunya karena dulu ibunya selalu sibuk dengan urusannya sendiri dan lebih mementingkan pekerjaan. Ohana beranggapan bahwa ibunya tidak memahaminya dan tidak bisa memenuhi keinginannya saat dia masih kecil. Meskipun sekarang ibunya sudah tidak bersamanya, namun Ohana masih sering berpikir seperti itu.

Suatu hari, Ohana tidak sengaja melihat catatan harian tentang kisah ibunya di gudang. Dari sana Ohana tau bagaimana kisah ibunya sebenarnya. Tentang ibunya yang juga berjuang keras untuk menggapai mimpinya dan juga orang yang dia cintai (ayah Ohana). 

Ibunya ternyata juga sempat membenci ibunya sendiri (nenek Ohana) lantaran dia mengira kalau ibunya hanya menjadi bayangan kesuksesan dari bisnis penginapan ayahnya dan juga tidak memperhatikannya. Namun, akhirnya dia memahami bahwa ibunya juga begitu bekerja keras demi kesuksesan Penginapan Kissui.

Membaca kisah dan perjuangan ibunya, Ohana mulai menyadari bahwa ibunya juga sebenarnya sangat dewasa dan menyayanginya. Mulai saat itu, sedikit tidaknya sikap Ohana mulai berubah. Sikapnya yang awalnya tidak begitu menyukai ibunya justru berubah menjadi kekaguman. Dan, dari sana Ohana juga termotivasi untuk mengejar mimpinya yang ingin“bersinar”

Kisah yang cukup mengharukan dan mengandung banyak pembelajaran bagi kita. Selain itu, daya tarik lain dari anime ini yaitu dibumbui dengan komedi yang membuatmu tertawa.Terutama ketika part nya Tomoe yang jomblo dan sangat sensitif ketika menyinggung masalah cinta atau menyinggung tentang dia yang sudah tidak begitu energik lagi.  




EmoticonEmoticon