Tuesday 17 October 2017

Sinopsis Anime Kyoukai no Kanata, I’II Be Here – Mirai Hen


“Sudah beberapa bulan sejak saat itu. “Di balik batas” pun kembali lagi kedalam tubuhku. Dan dunia kembali lagi ke bentuk semula. Kuriyama pun berhasil keluar dari sana. Mitsuki jadi satu-satunya anggota klub sastra dan terus melempar tanggungjawab padaku……Hiroomi telah menyelesaikan SMA nya dan menjadi kepala keluarga Nase menggantikan kak izumi yang menghilang. Siapapun beranggapan bahwa semuanya sudah kembali seperti sediakala, namun ada satu perubahan besar yang terjadi.”

Ini merupakan bagian kedua dari seri Kyoukai no Kanata I’II Be Here Movie. Di cerita sebelumnya, Kuriyama dipertemukan kembali dengan Akihito di tempat mereka pertama kali bertemu, yaitu di atap. Namun ketika itu Kuriyama kehilangan ingatannya. Inilah yang dimaksud Akihito tentang perubahan terbesar yang ada dalam hidupnya.

Setelah tau kalau Kuriyama kehilangan ingatan, Akihito tidak lantas mengatakan yang sebenarnya. Akihito justru berpikir untuk merahasiakan dan berusaha agar Kuriyama tidak mengingat tentang dia yang memiliki darah terkutuk ataupun tentang hari-hari yang telah mereka lalui bersama. Akihito mulai menjauhi dan menghindar dari Kuriyama.

Ketika Kuriyama bertanya mengenai siapa dirinya dan apa sebenarnya hubungan mereka, di saat itu Akihito selalu berbohong dan mengatakan kalau dia tidak mengenal Kuriyama dan pertemuan mereka di atas atap itu hanya kebetulan. Ini dia lakukan agar Kuriyama bisa hidup dengan normal dan bahagia, bukankah itu yang dia inginkan selama ini?

Usaha Akihito agar Kuriyama tidak mendapatkan ingatannya kembali akhirnya tidak berjalan dengan baik karena Kuriyama masuk ke dalam klub sastra. Mau tidak mau, ini menyiratkan bahwa mereka akan lebih sering bertemu dan peluang Kuriyama ingat pun semakin besar. Kakak beradik Hiroomi dan Mitsuki tidak begitu setuju dengan cara Akihito yang tidak mau jujur dengan Kuriyama. Menurut mereka, Akihito harus jujur untuk menghadapi Kuriyama karena bagaimanapun suatu saat Kuriyama akan ingat karena ingatannya tidak sepenuhnya lenyap.

Dan, selain itu, alasan lainnya adalah saat ini ada sosok berjubah hitam yang mengintai Kuriyama. Sosok misterius itu tampaknya sangat berbahaya karena dia bisa mengendalikan sesuatu seperti siluman ataupun sejenis boneka. Karena itulah, Mitsuki membiarkan Kuriyama gabung dengan klub sastra agar mereka bisa mengawasinya.  Sejak kuriyama masuk ke klub sastra, Akihito justru lebih memilih menyendiri. Mitsuki dan adik Akihito yaitu Sakura tidak begitu setuju dengan sikap Akihito. Mitsuki lalu meminta Akihito untuk menemui Kuriyama agar mereka saling memahami.

Akihito kemudian mengajak Kuriyama untuk makan malam bersama dan anehnya, Kuriyama meminta makan di restoran dimana mereka pertama kali makan berdua. Melihat itu, Akihito jadi teringat ucapan Mitsuki tentang ingatan Kuriyama yang belum lenyap sepenuhnya. Setelah makan, Kuriyama dan Akihito telah saling berbicara namun Akihito masih belum menceritakan tentang jati diri Kuriyama sebenarnya.

Saat pulang, mereka melewati bunga sakura yang mekar dengan indahnya. Kuriyama tampak kagum melihat keindahan bunga sakura dan kelopaknya yang bertebangan itu. 

Di saat itu, untuk kesekian kalinya, Kuriyama kembali bertanya tentang siapa dia sebenarnya dan apa hubungan mereka sebelumnya. Kuriyama merasa bahwa Akihito telah mengenalnya sebelumnya.  Air mata Kuriyama tampak mengalir menunjukkan betapa seriusnya dia bertanya kali ini. Akihito juga tidak bisa menahan air matanya karena berbohong pada Kuriyama itu sebenarnya menyakitkan.

Dengan air mata yang terus mengalir, Akihito mengatakan kalau Kuriyama adalah seseorang yang sangat berharga baginya. Tapi mereka tidak bisa bersama karena dia tidak ingin Kuriyama menanggung banyak beban berat.

Kuriyama lalu menunjukkan darahnya yang bisa berubah menjadi senjata dan mengatakan kalau sebenarnya dia sudah mulai mengetahui hal aneh itu. Tapi ini membuatnya semakin sedih karena dia menyadari bahwa dia bukanlah manusia normal, tapi manusia aneh. Apakah karena itu mereka tidak bisa bersama? Dan, siapa dia sebenarnya? Kenapa dia memiliki darah aneh seperti ini?

Akihito tetap tidak memberitahu kalau Kuriyama adalah Satria dunia ghaib yang memiliki klan darah terkutuk karena dia ingin Kuriyama hidup bahagia. Kuriyama kembali menangis dan mengatakan bahwa ini tidak membuatnya bahagia. Tidak tau siapa dirinya dan siapa senpai baginya, ini sama sekali tidak membuatnya bahagia. Kuriyama tertunduk sedih.

Tiba-tiba sosok berjubah hitam itu datang dan berkata, “wahai keturunan klan darah terkutuk. Beban yang kau pikul dan kewajiban hidupmu…”

Akihito dengan cepat mencegah pria itu mengatakan kenyataan yang lebih jauh lagi. Namun, sosok itu juga dengan cepat menyerang Kuriyama. Akihito memeluk Kuriyama dan membawanya menjauh dari sana. Sosok berjubah itu secara bertubi-tubi melemparkan serangan hingga dia berhasil melukai kaki Akihito. Kuriyama yang melihat Akihito kesakitan langsung marah dan menyerang pria itu.

Dengan satu serangan, sosok itu langsung berhenti. Dia membuka jubahnya. Betapa kagetnya Akihito begitu tau kalau ternyata seseorang yang menyerang mereka selama ini adalah Izumi, seseorang yang dianggapnya sebagai kakak sendiri.  Jelas, ini membuat Hiroomi lebih kaget karena Izumi adalah kakaknya sendiri.

Akihito beranggapan bahwa itu mungkin karena Izumi kesepian dan menanggung semuanya sendirian. Akihito  berjanji akan mengurus semuanya. Di lain sisi, Hiroomi juga bertekad untuk mengurusnya. Pertarungan antara adik dan kakak, bagaimanapun juga bukankah ini adalah pemandangan paling buruk?

Malam itu, dalang sebenarnya yaitu Miroku Fujima datang kerumah Kuriyama dan membuat Kuriyama mengingat semuanya. Kuriyama sangat sedih karena dia kembali mendapatkan ingatannya tentang ibunya yang meninggal karena dibunuh dan tentang dirinya yang merupakan klan darah terkutuk. 

Miroku dan para siluman yang dia gerakkan lalu menguasai tubuh Kuriyama sehingga menjadikan Kuriyama terlihat jahat seperti siluman. Kuriyama bahkan mengamuk dan menyerang Akihito. Saat itu Sakura dan Mitsuki datang dan mencoba membantu Akihito. Mitsuki mengatakan kalau kali ini bukan ulah kak Izumi, melainkan Miroku Fujima.

Untuk menyelamatkan Kuriyama, mereka kemudian pergi ke wilayah Miroku Fujima. Ternyata, dalang yang sebenarnya, Miroku Fujima telah lama mati. Lewat video yang diputar Miroku, dia mengatakan bahwa dulu dia memasukkan siluman ke dalam tubuh Izumi sehingga dia menyatu dan hidup dengan tubuh Izumi. Dengan begitu, maka dia bisa melakukan misinya lewat tubuh Izumi. Dengan kata lain, penyerangan terhadap Kuriyama dan Akihito itu sebenarnya bukanlah Izumi melainkan siluman Miroku Fujima yang merasuki tubuh Izumi. Dan, sekarang siluman itu juga telah menguasai Kuriyama.

Tiba-tiba Kuriyama datang dan langsung menyerang mereka. Hanya dengan beberapa kali serangan, Akihito terluka, begitu juga dengan Sakura dan Mitsuki. Hiroomi yang datang langsung menyerang Kuriyama dengan kekuatan penuh. Peperangan ini semakin memuncak begitu Kak Izumi datang.

Kanbara yang terluka bangun dan meminta Hiroomi mengurus kak Izumi sementara dia akan menghentikan Kuriyama. Akihito  dan Hiroomi tampaknya tidak menyerang balik, justru mereka lebih kepada menyadarkan Izumi dan Kuriyama agar terlepas dari pengaruh jahat siluman Miroku. Karena kekuatan cinta dan kasih sayang baik antara si adik kakak Hiroomi dan Izumi ataupun antara Kanbara dan Kuriyama, akhirnya mereka bisa melawan siluman dari dalam tubuh Izumi dan Kuriyama.

Inilah ending dari bagian kedua anime Kyoukai no Kanata, I’II Be Here ini. Akhir yang cukup membahagiakan. Rasa cinta yang begitu besar akhirnya bisa mengalahkan kejahatan dan menyatukan apa yang selama ini tidak bisa menjadi satu. 

Seperti yang kita tau, siluman, “Di balik batas” adalah musuh yang seharusnya dibunuh oleh klan darah terkutuk, tapi karena kasih sayang dan cinta antara mereka, akhirnya mereka bisa menepis pembatas itu dan hidup bersama dengan bahagia.


1 Comments so far


EmoticonEmoticon