Friday 24 April 2020

Sinopsis Film Jepang Natsume Yuujinchou Movie: Utsusemi Ni Musubu

Penyuka genre yokai tentu tidak asing dengan anime movie yang satu ini. Saya sendiri termasuk orang yang hobi dengan genre yokai, tapi lebih ke yokai yang imut dan lucu, haha. Karena, bukannya menyeramkan mereka justru sangat kocak dan membuat tingkah konyol. Pertama kali menyukai yokai jenis ini yaitu melihat 3 yokai imut di anime A Letter to Momo. Bagi yang belum nonton, silahkan tonton juga anime ini ya.

Kembali lagi ke topik, Natsume Yujinchou sendiri merupakan komik karya Yuki Midorikawa. Komik ini kemudian diadaptasi menjadi anime sebanyak 6 musim dan musim keenam ditayangkan pada musim semi 2017.  Terlepas dari komik dan anime musimnya, kali ini kita akan membahas mengenai Natsume Yuujinchou dalam bentuk movie anime berjudul Utsusemi Ni Musubu. Film anime ini telah tayang pada bulan September 2018 di Jepang dan bulan November di Indonesia.

Judul              : Natsume Yuujinchou Movie : Utsusemi ni Musubu

Tipe                : movie

Genre             : Drama, Fantasy, Shoujo, Supernatural

Tayang           : 29 September 2018

Durasi            : 1 jam 44 menit

Studio            : Shuka

Sutradara       : Takahiro Omori, Hideki Ito 

Menceritakan tentang Natsume, seorang anak laki-laki yang bisa melihat yokai sejak kecil. Dia memegang buku Yujincho yang berisi nama-nama yokai yang terikat dengannya. Natsume memiliki seekor kucing gendut yang hobi makan, bernama Nyangko sensei. Eits, sebenarnya Nyangko bukanlah kucing imut biasa, dia adalah yokai yang menjadi pelindung Natsume.

Suatu hari, salah satu Yokai menemui Natsume meminta namanya dibebaskan. Dari sanalah, Natsume mengenal desa Gochou yang merupakan tempat dimana neneknya, Reiko menghabiskan waktu mudanya. Natsume lantas pergi ke desa itu untuk mencari tau tentang neneknya yang diketahui juga bisa melihat yokai.

Di desa itu, dia bertemu dengan seorang nenek bernama Yorie dan anak laki-lakinya yang tampan bernama Mukuo. Yorie rupanya adalah teman neneknya saat masih sekolah sehingga Natsume bisa tau lebih banyak tentang neneknya. Hanya saja, Natsume tidak bisa untuk tidak berpikir bahwa kedua orang ini seperti menyimpan aura misterius. Sekembalinya dari desa itu, Nyangko-sensei juga tak sengaja membawa biji mistrius yang langsung tumbuh membesar di depan rumah mereka dan berbuah.

Nyangko sensei yang hobi makan tidak sanggup menahan godaan buah seksi yang katanya keseksiannya mengalahkan bentuk tubuhnya, haha. Ya, akhirnya sensei memakannya dan berakhir dengan tubuhnya terbagi menjadi tiga bagian dan memiliki kemampuan menghilangkan ingatan orang-orang. Teman-teman yokai Natsume telah mencoba membantu tapi tidak berhasil mengembalikan senseinya.  Natsume khawatir dan juga penasaran. Dia akhirnya kembali ke desa  Gochou dengan harapan bisa mengetahui cara mengembalikan Nyangko sensei ke semula. Tapi, disini dia menemukan misteri lain mengenai Mukuo, putra Yorie dan bagaimana hubungannya dengan biji misterius itu.

Karakter

Takashi Natsume

Natsume merupakan bocah sekolahan yang bisa melihat yokai semenjak dia masih kecil. Dia bahkan memiliki buku Yujincho warisan dari neneknya yang merupakan buku berisi nama-nama yokai yang terikat dengannya. Natsume tinggal dengan kedua orang tua angkat karena orangtuanya meninggal saat kecil.

Suara dari karakter ini diisi oleh Hiroshi Kamiya, yang merupakan voice actor dan juga penyanyi yang populer di Jepang. Selain sebagai Natsume di Natsume Yuujinchou, Hiroshi Kimiya telah banyak sekali mengisi suara karakter-karakter penting di anime lain. Seperti mengisi suara Shinji Mato di Fate Franchise, Akashi Seijuro di Kuroko’s Basketball, Yuzuru Otonasi di Angel Beats!, atau Yato di Noragami.

Nyanko Sensei

Nyangko sensei atau yang para yokai disebut dengan nama Madara adalah yokai berbentuk kucing imut yang merupakan pelindung Natsume. Nyangko sensei sering dibilang kucing babi karena tubuhnya yang tambun lantaran hobi makan,, haha itu juga alasan kenapa saya gemas sendiri melihat yokai yang satu ini. Tapi jangan salah, meski kucing ini terlihat begitu manis dan cute, tapi saat dia berubah dia adalah sosok mirip serigala raksasa yang begitu kuat.

Pengisi suara untuk karakter ini adalah Kazuhiko Inoue yang juga merupakan voice actor yang sudah tidak asing lagi didunia peranimean. Bisa dibilang, Inoue merupakan voice actor senior dan berpengalaman karena sudah berkecimpung di dunia anime sejak tahun 1975. Selain sebagai Nyangko Sensei, Inoue juga pengisi suara Taki’s Father di Your Name, Inspector Shiratori di  sebagian besar seri anime detective Conan, Takimi Shigure di Samurai X, dan banyak lagi yang lainnya.

Yorie dan Mukuo Tsumura

Suara Yori sendiri diisi oleh Sumi Shimamoto, sementara Mukuo diisi oleh  Kengo Kora. Yori adalah seorang nenek yang diketahui adalah teman Reiko (nenek Natsume) saat masih sekolah. Masa-masa sekolah, Yori dan teman-temannya terlihat tidak menyukai Reiko karena menurut mereka Reiko adalah orang aneh yang sering mengobrol sendiri. Tapi di akhir cerita Yorie mengaku sebenarnya dia diam-diam kagum dengan Reiko karena dia adalah gadis yang kuat dan ceria.

Sementara itu, Mukuo sendiri adalah anak laki-laki Yorie. Pria ini tampan dan juga sedikit ceroboh. Alasan kecerobohnnya mungkin karena sebenarnya dia bukanlah seorang manusia, tetapi yokai si penunggu pohon tua. Bagi saya, kisah  Yorie dan anaknya Mukuo ini menjadi kisah yang cukup menyedihkan dalam anime ini.

Masih banyak karakter penting lain yang tidak sempat saya masukkan dalam artikel ini. Untuk itu, ada baiknya kamu tonton langsung animenya karena ini termasuk anime rekomendas. Kalau begitu, sampai jumpa lagi di sinopsis berikutnya, semoga harimu menyenangkan!



2 Comments

Terima kasih kak atas rekomendasinya, sy juga ingin menginfokan F I L M , klik disini


EmoticonEmoticon