Tuesday 28 June 2016

Sinopsis Byousoku 5 Centimeter ( 5 Centimeters Per Second)


Kali ini ada sebuah kisah cinta yang datang dari film anime Jepang Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second). Anime yang disutradarai oleh Makoto Shinkai ini menjadi salah satu anime yang sangat sedih dan menyentuh hati. Anime ini terdiri atas 3 bagian yang saling berhubungan, Oukasho (bunga sakura mekar), Cosmonaut, dan Byosoku 5 Senchimetoru.
Pada awalnya, film ini terasa datar, namun begitu masuk bagian dua, Cosmonaut maka mulailah anime ini membuat hati sakit. Alur cerita, musik latar, hingga kata-kata dalam anime ini disampaikan dengan sangat indah sekaligus menusuk hati. Bagian yang paling membuat admin merasa sedih yaitu flashback kisah pada akhir cerita yang diiringi lagu One More Time, One More Chance nya Masayoshi Yamazaki.
Hm, agar tidak membuat penasaran, langsung saja admin ceritakan kisah Byousoku 5 centimeter secara keseluruhan ya.
Anime ini dimulai dari kisah dua orang sahabat bernama Takaki Tono dan Akari Shinohara yang bersekolah di sebuah sekolah dasar yang sama. Mereka memiliki kesamaan sifat dan sikap, dan juga sering sakit-sakitan, karena itu mereka sering menghabiskan waktu berdua di perpustakaan dibandingkan ikut bermain bersama teman yang lain. Hal ini menyebabkan tumbuhnya perasaan kasih sayang diantara mereka.
Byosoku 5 centimeter

Tamat sekolah dasar, Akari pindah ke Tochigi mengikuti orang tuanya. Hal ini membuat mereka jauh dan hanya bisa saling mengirim surat. Pada umur 13 tahun, Takaki juga pindah ke Kagoshima dan ini berarti jarak keduanya semakin jauh. Karena rasa rindu yang teramat dalam, akhirnya Takaki memutuskan untuk bertemu dengan Akari dan datang ke Tochigi dengan menggunakan shinkasen atau kereta.
Akari berjanji menunggunya di stasiun jam 7. Sayangnya, dalam perjalanan, kereta sering ditunda di setiap stasiun karena adanya badai salju. Kondisi ini membuat Takaki merasa gelisah mengingat bagaimana Akari menunggunya disana. Dia pastinya kesepian dan sendirian. Jam 8, 9, hingga 10 pun berlalu. Ia semakin merasa cemas dan bahkan ingin menangis.
Byosoku 5 centimeter
Akhirnya, jam 11 malam, ia sampai di stasiun dimana Akari menunggu. Takaki berlari dan berharap Akari masih menunggunya. Betapa ia terkejut dan bahagia saat melihat Akari duduk sendiri dan masih menunggunya. Akari menangis dan memeluk Takaki untuk melepas rindu. Malam itu, mereka menghabiskan banyak waktu bersama. Memakan bekal yang dibawakan Akari dan berbincang-bincang di sebuah pondok sekat pohon sakura besar hingga mereka tertidur. Besok paginya, Takaki langsung kembali untuk naik kereta. ***
Pada bagian Cosmonaut, lebih menceritakan tentang Takaki di SMA dan temannya, Kanae Sumida. Kanae Sumida, seorang gadis manis dengan kulit agak gelap dan rambut pendek merasa sudah seharusnya mengungkapkan perasaan pada Takaki. Ya, Kanae menceritakan bagaimana ia menyukai Takaki sejak kelas 2 SMP, dan bahkan ia berjuang keras untuk mengikuti Takaki hingga SMA. Hingga saat ini, kelas 3 SMA, ia belum bisa mengungkapkan perasaannya. 
Byosoku 5 centimeter
Ia sering mengintip dekat parkiran, kemudian keluar saat melihat Takaki hendak mengambil motor. Tujuannya hanya satu, yaitu agar bisa pulang bersama-sama dengan Takaki. Ia bingung apakah Takaki sudah memiliki pacar atau tidak, karena ia sering melihat Takaki mengirimkan SMS. Padahal sebenarnya, Takaki tidak benar-benar mengirim SMS yang dia buat karena tidak tau kemana harus mengirimnya.
Sesuai niatnya, hari ini ia menunggu Takaki di parkiran untuk menyatakan perasaan yang sudah lama ia simpan. Kanae menarik baju belakang Takaki dan ia merasa gugup. Apakah harus mengatakannya atau tidak.  Saat Takaki mengucapkan “Ada apa?” Kanae merasa lebih gugup dan akhirnya mengatakan, “hm,.tidak ada apa-apa.”  Ya, akhirnya dia tidak jadi mengungkapkan perasaanya. Ia menyadari bahwa Takaki tidak pernah menyukainya. 
Pada bagian terakhir, dikisahkan bahwa ketiga tokoh, Takaki, Akari, dan Kanae telah berpisah dan menjalani kehidupannya masing-masing. Takaki kini sudah bekerja sebagai seorang programmer komputer, sementara Akari dikisahkan akan segera menikah. Suatu ketika, Takaki kembali ke tempat dimana dulu ia melihat bunga sakura bersama Akari. Saat melewati rel kereta api, ia berpapasan dengan seorang wanita yang serasa dikenalinya. Ia berpaling kebelakang hendak melihat wanita itu, begitu juga wanita itu. Namun, tiba-tiba kereta api lewat dan menghalangi pandangan mereka.
Byosoku 5 centimeter
Sebenarnya Takaki pada bagian ini telah memiliki seorang pacar bernama Mizuno, namun ia tidak begitu benar-benar menyukainya karena ia masih memikirkan dan merindukan Akari. Pada akhirnya, Mizuno mengirimkan SMS yang isinya “Meskipun kita telah bertukar 1000 pesan, namun hati kita mungkin hanya mendekat 1 cm” Dengan kata lain, Mizuno menyadari bahwa Takaki tidak menyukainya dan ia menyukai gadis lain. Ia memutuskan untuk tidak lagi menjadi pacar Takaki.
Perasaan rindu dan cinta kepada Akari membuat Takaki merasa tertekan. Dia akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja meskipun kenyataannya dia tidak akan pernah bertemu Akari lagi. Secara terpisah dan di tempat yang berbeda, Takaki dan Akari mengucapkan dialog secara bergantian tentang mimpi indah saat mereka bertemu di musim salju pada umur 13 tahun. Bagian ending ini diakhiri dengan flashback kisah saat dulu mereka masih bersama dan saat mereka terpisah dan menjalani kehidupan masing-masing dengan diiringi lagu One More Time, One More Chance-nya Masayoshi Yamazaki.

So, anime ini berakhir sedih.
Byosoku 5 centimeter
.....kapanpun, dimanapun, kucari sosokmu.
Di peron, di jendela gang kecil. Meski ku tau kau tak disitu.
Seandainya harapanku terkabul, aku akan segera disisimu.
Tak ada yang dapat kulakukan.
Kan ku tempuh segala resiko untuk mendekapmu.
Aku hanya ingin mengalihkan kesepian, mestinya dengan siapapun bisa..
Malam begitu terang dengan bintang, aku tak bisa membohongi diri sendiri
Sekali lagi, wahai musim, jangan berubah, sekali lagi, saat kita bercanda
Kapanpun, dimanapun, ku cari sosokmu,
Di persimpangan jalan, di dalam mimpi, meski ku tau kau tak disitu…
-(One More Time, One More Chance-Masayoshi Yamazaki)-

Sinopsis by : Yuni/zonajepangkorea.blogspot.com
 




63 Comments

film animasi yang sangat menyedihkan

Sedihnya bukan sebatas film. Tapi sampai ke perasaan pemirsa. Apalagi kalau di ingat ingat

Kasian kanae sama mizuno... Cintanya ga berbalas intinya 'kataomoi' pdahal akari itu masa lalu... Dasar takaki ga bisa move on.. Baperannn... Ihh greget...

yang menjadi sebuah misteri kenapa mereka g saling ngirim surat? knp kok lost kontak gt?

mungkin mereka kehilangan no hp dan tidak tau alamat rumah masing-masing :-)

This comment has been removed by the author.

Kok ga ngena ya sama saya, Malah jadi bosan dengan alur ceritanya.. ekspresi karakternya gimana gitu haha. Tapi gambarnya alamnya sangat indah.

Tidak ada cinta yg sejati katanya,,, cek your story

siapa yang taruh bawang disini woyy?

Habis nonton anime ini kok gue jadi ikutan flash back yaah huwalaa :'v

Akari padahal menemukan surat takaki.. yah jd lost kontak.. sama2 pindah sih..

Film dengan Ending ceritanya yg bener" nyesek banget

takaki lemah benci gue nginget nya pake nyesel pula lagi di endingnya padahal itu kesalahan nya sendiri.kalo dia ang cinta kenapa gak di temui atau di cari keberadaan nya..pasti sedoh sekali jadi akari yang harus menunggu hingga putus asa...

Bete' tapi suka diulang2 critany.. sakit..tapi asik aj dibagian endingny..
oh mizuno itu pcarny.. baru tau.

Aq pikir mrk lost kontak krn mrk menyerah..dan gk lagi saling ngirim surat.. di nyanyi ny kan ad kt2 "ketika kita saling mengacaukan" mengacaukan ato bercanda sih??..
Hmm klo terjemahanny beda jdi beda jg mngartikanny.. :(

Ceritanya Cinta Sejati bener kek gua haha njay
yang laki kgk kebalas cintanya lebih nyesek dah... klo di kenyataan cwe cepet move on emng bener ni film duh... bikin baper bener

Baca ini saja sudah sedih apalagi nonton animenya :'v

apa harus berakhir seperti itu? sungguh kisah yang menyedihkan dan.... sudahlah semuanya menyayat hati.

Nonton juga koe no katachi.

Nonton juga koe no katachi.

Hmm ga anime ga nyata pasti cwec dluan yg nikah

setuju!! , wanita itu soal perasaan, kalau lama ga dipupuk kan hilang juga., jgn anggap wanita sepeti di film" yg setia sampai mati.., itu karangan sutradara (cowok), wanita sesungguhnya butuh perhatian

Kasian Kanae Sumida, menyukai cowok yg gak bisa move on.
harusnya di ending diceritakan juga nasib Kanae Sumida setelah ditolak takaki, gue jadi kepikiran terus :v

film pLING bikin NYESEK DI dada

Kenapa akari dan takaki ngak ditakdirkan bersama, makoto shinkai ngak adil, harusnya di ending mereka yang menikah

2018 sy baru nonton. Ending yg abu2 tp overall. Dalam sekali ini cerita.. ada gak lanjutannya ?

Setelah tau kalau mereka berdua tidak ditakdirkan untuk hidup bersama gw langsung hapus film anime ini. Karena dari awal gw sudah antusias dan ingin endingnya mereka menikah (akari x takaki)

gua baru ngerti ceritanya di ending , episode 1,2,3 flat membingungkan ,endingnya baru ketemu semua alurnya

Untung w blom liat nih anjme.wkwk

Hehe,... Cowok emang susah move on...

Gw paling gak suka nonton film akhir nya sedih:(

film favorit dengan akhir menyedihkan. bener - bener nyampe ke hati. </3 sejujurnya kasian sm takaki sih, tp ya gimana lagi... :( kalo mau tau lebih lengkap, ada komiknya juga sm novel, tp gue br baca komik sm filmnya doang, wk

sama, antusias kalo mereka endingnya bareng, nyatanya ya.... kaya real life aja gitu, ga bersatu.

Emang nih film awalnya datar banget, terkesan membingungkan, tapi kalau sudah di part akhir emang jadi kelihatan lebih jelas semuanya. Review yang sangat baik. Salam.

www.bineragawan.com

Mau nanya Klu mau download dari mana? Udh cari kesana sini gak temu linknya

apa cuma takaki aja yg gbs move on krn masi mikirin akari?

akarinya mudah aja lepasin oerasaannya dan nikah gtu?

soalnya akari diceritainnya cuma setia nunggu takaki pas kecil trs hmpur ketemu di rel, eh langsung nikah

Yang bikin cerita ini sedih GK ya

Semua film makoto shinkai, gantung dan buat penasaran.

Ini yang punya cerita juga cowok lho

Jadi cerita yang biasa kan kalo kaya gitu, kalo yang endingnya nggak terduga malah bikin penasaran sama karya2 lain si makoto shinkai nya. Haha

Biar paham secara detail, mending baca manganya sekalian

Cerita ini persis kehidupannyata, jd bwt kalean yg cinta pd seseorang cpat ungkapin wlau toh ditolak tp hati kita lega,jgn kek macam Takaki so cowok nolep :v

Untuk tanya² review anime sad atau heppy bisa wa ane 085855363453

Komik??endingnya jg sama kek di movie ya?mbk

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Thnks bro jadi yakin ane, walau ane blm brani ngungkapin wkwk
Btw doi teman masa kecil ane, kecil sama², pas remaja pisah tempat, dan skrng kuliah doi balik lagi kerumah yg dulu, anjirr mlh curhat sorry ya wkwk

Meski nyesek, ttp sad-nya gk makzimal..

Bahkan sm kyk nonton Clannad :(

Manurut admin bagaimana endinya?

saya mampir ke blog ini, karena barusan nonton anime ini. sempat kurang paham sama bagian ke 3 nya, akhirnya dapat penjelasan yg meyakinkan.
feelnya dapat banget anime ini, terutama di lagu one more chance

Eh kok relate sama kisah gw ya njirr😭

Bgtu mmg cowok, kalau udh sayang susah untuk berpaling ke cewek lain meskipun cewek yg dia sayangi udh ada pasangan lain.


EmoticonEmoticon