Sunday 22 October 2017

Sinopsis Anime Hotarubi No Mori e


Seorang gadis bernama Takegawa Hotaru menceritakan kisahnya pertama kali bertamu dengan pria yang dia cintai. Saat itu, dia berumur 6 tahun dan tengah liburan musim panas di rumah pamannya yang ada di desa. Suatu hari, dia kesasar di hutan dan tidak tau jalan pulang. Ketika itulah dia bertemu dengan Gin, seorang lelaki yang selalu memakai topeng. Gin inilah yang menunjukkan jalan pulang pada Hotaru.

Gin mengatakan kalau dia bukanlah manusia tetapi roh hutan. Bukannya takut, Hotaru justru senang karena dia benar-benar bisa melihat roh di hutan yang katanya adalah tempat tinggalnya para ruh dan dewa gunung. Selama ini dia hanya mendengar cerita dari pamannya. Hanya saja, satu hal yang tidak boleh dilakukan oleh Hotaru yaitu menyentuh Gin, karena jika Gin disentuh oleh manusia maka dia akan sepenuhnya menghilang. Hotaru mengerti dan berjanji tidak akan menyentuh Gin.

Besoknya, Hotaru kembali ke hutan untuk menemui Gin yang ternyata juga menunggunya di hutan. Gin mengajak Hotaru untuk keliling hutan dan menikmati keindahan alamnya. Terkadang Hotaru bertemu dengan roh lain yang merupakan teman Gin dan mereka mengingatkan Hotaru untuk tidak menyentuh Gin.

Hari demi hari berlalu dengan cepat, musim panaspun berakhir. Hotaru berjanji akan datang lagi ke hutan untuk menemui Gin pada tahun berikutnya. Satu tahun berlalu, sesuai janjinya, Hotaru kembali ke hutan dan bertemu dengan Gin. Mereka kembali bermain dan mengelilingi hutan.

Suatu saat, Hotaru yang penasaran lalu membuka topeng Gin yang tengah tertidur. Hotaru kaget karena ternyata Gin memiliki wajah yang normal-normal saja, bahkan terlihat tampan. Lalu, kenapa Gin tidak melepas saja topengnya?

Gin mengatakan kalau dia memakai topeng adalah untuk menandakan bahwa dia adalah roh dan bukan seorang anak manusia biasa. Musim panas kembali berakhir. Hotaru dan Gin berjanji untuk bertemu kembali di musim panas berikutnya. Begitulah tahun demi tahun. Hotaru selalu datang ke hutan untuk bertemu Gin.

Tanpa disadari, Hotaru terus beranjak remaja dan bahkan memperlihatkan setiap seragam barunya kepada Gin, mulai dari seragam SMP hingga SMA. Namun, Gin tidak terlihat semakin tua sedikitpun. Dia masih sama seperti mereka pertama kali bertemu. Hotaru mulai berpikir, dengan begitu bukankah suatu saat dia akan tua sementara Gin akan selalu muda?

Pada suatu musim panas, Hotaru yang berada di bangku SMA mengatakan kepada Gin bahwa dia sudah tidak sabar untuk lulus dan mencari pekerjaan di desa tersebut. Dengan begitu, mereka akan lebih sering bertemu, tidak hanya pada liburan musim panas, tetapi musim gugur, musim dingin, hingga musim semi sekalipun. Saat hendak pulang ke kota, Hotaru memberikan syal kepada Gin karena dia dengar para roh akan membeku selama musim dingin. Dengan syal itu, maka Gin akan sedikit merasa hangat saat musim dingin tiba.

Di rumahnya, Hotaru selalu berpikir tentang Gin dan tidak sabar menunggu musim panas berikutnya. Selain itu, keinginan lain yang mulai tidak bisa dibendung adalah keinginannya untuk menyentuh Gin. Ini adalah keinginan terbesarnya yang mungkin tidak akan bisa dia wujudkan.

Musim panaspun tiba. Hotaru kembali ke hutan dan bertemu lagi dengan Gin di hutan. Gin menceritakan tentang siapa dia sebenarnya-bahwa dia adalah hantu. Dulu, dia adalah seorang bayi manusia. Orang tuanya membuangnya ke hutan dan meninggalkannya sendirian disana. Saat itulah para roh merawatnya dan dewa gunung memberinya mantra untuk tetap hidup di hutan. Jika seorang manusia menyentuhnya, maka mantra tersebut akan hancur dan diapun akan menghilang. Bisa dibilang, dia adalah hantu meski dulunya pernah menjadi manusia.  

Keesokan harinya, Gin mengajak Hotaru pergi melihat festival para roh. Hotaru penasaran sekaligus takut, karena pastinya yang ada di festival adalah para roh semua. Gin tersenyum dan mengatakan kalau festival roh hampir mirip dengan festival manusia dan lagian Gin akan melindungi Hotaru sepenuhnya.

Malamnya, merekapun pergi ke festival para roh dengan menggunakan Yukata. Hotaru tidak menyangka, ternyata festival roh ini mirip sekali dengan festivalnya para manusia. Ini karena para roh menyamar menjadi manusia saat festival tersebut. Gin bercerita, bahkan manusiapun ada yang ikut festival roh tapi mereka tidak sadar kalau sebenarnya itu adalah festival roh. Hotaru teringat dengan cerita pamannya kalau ada seorang yang melihat festival misterius di hutan.   

Pulangnya, Gin membuka topengnya dan memasangnya di wajah Hotaru. Gin lalu mencium Hotaru namun hanya dibalik topeng, karena jika tidak tentu saja Gin akan lenyap. Ini adalah scene yang cukup memilukan karena di sepanjang hubungan mereka dari si Hotaru masih kecil hingga dia dewasa dan saling jatuh cinta, mereka tidak pernah bersentuhan, meskipun itu hanya sekedar berpegangan tangan.

Di saat momen yang mengharukan itu, tiba-tiba seorang anak kecil yang berlari disamping mereka terjatuh. Spontan, Gin langsung membantunya berdiri. Tapi tidak beberapa lama kemudian, tangan Gin mengeluarkan cahaya dan berangsur-angsur menghilang. Ternyata anak kecil yang dibantu Gin tadi adalah anak manusia. Hotaru tampak panik.

Gin tersenyum dan membentangkan tangannya, “Kemarilah Hotaru, akhirnya aku bisa menyentuhmu.”

Hotaru dengan cepat berlari dan langsung memeluk Gin. Ini adalah momen paling ditunggu oleh mereka berdua, namun, apakah mereka seharusnya bahagia atau bersedih?

Hotaru memeluk Gin dengan sangat erat hingga akhirnya Gin menghilang. Tidak ada yang tersisa selain baju Gin yang tergeletak di tanah dan cahaya kunang-kunang yang bertebaran memenuhi hutan.

Aku mungkin takkan lagi menantikan musim panas untuk kedepannya. Hatiku masih sakit. air mataku mungkin saja berlinang, tapi..kehangatan di tanganku dan kenangan musim panas ini akan tetap tinggal di hatiku.

Hotaru memeluk topeng itu dengan rasa sakit.

Pertama kali dapat anime ini karena rekomendasi oleh pecinta anime setelah searching sana sini. Eh, ternyata anime ini memang keren banget, terlebih bagi kamu suka dengan romance genre sedih dan mellow gitu. Dijamin, kamu ga bakalan nyesel nontonya.

 


15 Comments

Baru baca sinopsis, belum lagi nonton animenya, udah bikin hati sesak bgt. Jadi penasaran ama animenya...

Nggak setuju banget sama ending nya.. tapi sumpah keren bgt ni animenya.. sedih kalo inget" moment terakhir..

Udah nangis😭😭😭😭😭😭😭😭

Mengurungkan niat untuk menonton, dikhawatirkan menangis tak berujung... 😢😭😭

I hope ada kelanjutannya, Ginnya jadi manusia beneran. Sumpah mereka sweet banget :(

Bru sinopsis udh nyesek GK berani nonton aku memang cengeng 😭

i hate that strange boy who touch gin lol

Baca sinopsis sambil dengerin soundtrack nya,, otomatis mewek

Maybe I'll cry if I watch it

Cuma baca sinopsisnya doang,aku dah nangis leher.......

Su-er GK boong

Yah sad ending😭 gajadi deh nnton animenya😭

Tolongnya bocil lukcnut, jadi musuh para wibu

No one touch gin.

Gin touch the kid.
You know,this anime was great making at duration...


EmoticonEmoticon