Saturday 2 July 2016

Persahabatan dan Cinta : Ini Nih, Sinopsis Film Jepang Orange


Kali ini Miss. Yunie akan menceritakan sebuah sinopsis dari film yang dibintangi oleh aktor tampan Kento Yamazaki dan Tao Tsuchiya yang berjudul Orange. Film ini seputar kisah cinta dan persahabatan. Dalam film ini juga dibubuhi kisah misterius tentang surat yang datang dari masa depan berupa penyelasan dan harapan agar penyesalan tersebut tidak terjadi.
Film ini dimulai dengan penampakan seorang gadis cantik bernama Naho Takamiya yang tengah menikmati keindahan sakura tidak jauh dari SMA nya. Ia mengeluarkan sebuah surat yang ia dapatkan secara misterius dan dibagian surat tersebut tertulis pengirimnya adalah “Aku”. Ia hendak membukanya, namun ia tiba-tiba mengingat kalau ia sudah telat untuk masuk kelas dan kemudian berlari menuju sekolahnya.
Di dalam kelas, saat guru absen, ia mencoba membuka surat dan membaca isinya mulai dari halaman pertama. Disana tertulis “Untuk diriku yang berada di tahun kedua SMA. Bagaimana kabarmu? Aku menulis surat ini dari masa 10 tahun di masa depan.” Ia kaget membaca isi surat tersebut. Di dalam surat tersebut tertulis bahwa ada seorang siswa pindahan dari Tokyo bernama Kakeru Naruse. Dan, ternyata apa yang tertulis dalam surat tersebut benar-benar terjadi. Hari itu, guru memperkenalkan seorang murid pindahan dari Tokyo bernama Kakeru Naruse.
Yang membuatnya semakin bingung adalah apapun yang ditulis dalam surat tersebut benar-benar terjadi. Dalam surat tertulis bahwa ia dan temannya akan mengajak Kakeru Naruse untuk membeli roti dan pulang bersama. Dan ternyata, saat ia hendak pulang, teman-temannya mengajak Kakeru untuk pulang bersama. Awalnya Kakeru tidak mau, namun karena bujukan dari teman-temannya, maka akhirnya Kakeru ikut dengan mereka. Hanya saja di dalam surat tertulis bahwa salah satu penyesalannya dimasa lalu adalah telah mengajak Kakeru untuk pulang bersama, dan ia menyarankan agar Naho tidak mengajak Kakeru untuk pulang bersama. Naho berpikir, apa yang membuatku menyesal mengajaknya pulang bersama? Lelaki itu baik dan menyenangkan. Jadi tidak ada alasan yang membuatnya menyesal.
film orange
Belakangan diketahui bahwa, alasan yang membuatnya di masa depan menyesal adalah karena pada hari tersebut Kakeru tengah bertengkar dengan ibunya. Dengan adanya Naho dan teman-temannya yang baik, Kakeru mengirimkan pesan kepada ibunya bahwa ibunya sangat cerewet dan hanya membuatnya kesal. Tapi sepulangnya dari sana, ia mendapati ibunya meninggal karena bunuh diri. Ini membuat Kakeru merasa bersalah dan menyesal seumur hidupnya. Ternyata inilah alasan kenapa dirinya di masa depan menyarakan agar dia tidak mengajak Kakeru untuk pulang bersama.
Ia merasa sedih karena membuat penyesalan untuk kedua kalinya. Akhirnya Naho berpikir bahwa ia perlu mempercayai apa yang terjadi dalam surat tersebut dan mencoba mengubah sesuatu yang nantinya akan dia sesali terhadap Kakeru. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa penyesalan terbesarnya adalah ia tidak bisa menyelamatkan Kakeru Naruse yang meninggal karena bunuh diri. Kakeru Naruse meninggal karena perasaan bersalahnya pada ibunya, tetapi ia dan teman-temannya baru mengetahuinya setelah Kakeru meninggal.  Naho tidak ingin penyesalan tersebut terjadi, dan ia bertekad untuk mengubah penyesalan tersebut dan ia akan memulainya dengan mengubah penyesalan-penyesalan kecil.
***
Dalam surat tertulis bahwa salah satu penyesalannya adalah tidak membuat bekal makan siang untuk Kakeru. Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, maka ia memberanikan membuat bekal makan siang untuk Kakeru. Tapi hingga pulang sekolah, ia tidak berani memberikannya. Jika ia tidak memberikannya, maka mungkinkah ia akan menyesal lagi seperti yang dialami dirinya di masa depan? Dan apakah, Kakeru pada akhirnya akan meninggal?
Maka, dengan memberanikan diri, akhirnya ia memberikan bekal tersebut pada Kakeru. Kakeru menerima bekal tersebut sambil tersenyum bahagia dan bahkan sampai matanya berkaca-kaca. Naho akhirnya menyadari bahwa, makanan tersebut ternyata bisa membuat Kakeru yang tadinya terlihat sedih menjadi sangat bahagia.  Hal ini dikarenakan Kakeru menyukai Naho dan berharap mencoba makanan yang dibuatnya. Naho senang bisa mengubah salah satu penyesalannya di masa depan. Dan, apakah dengan begitu jalan hidup Kakeru di masa depan juga akan berubah? Ia berharap begitu, karena ia juga mulai menyukai Kakeru dan tidak ingin kehilangannya.
Ia juga mencoba mengubah salah satu penyesalannya di masa depan yaitu tidak mengetahui apa sebenarnya masalah Kakeru yang membuatnya ingin bunuh diri. Untuk mengubah penyesalan tersebut, suatu hari, Naho menemui Kakeru dan mencari tau apa sebenarnya masalahnya. Awalnya Kakeru tidak mau mengatakannya, tapi pada akhirnya ia mengatakan semuanya yaitu tentang perasaan bersalahnya pada ibunya. Naho mencoba memahaminya dan menghiburnya bersama ketiga temannya yang lain. Mungkinkah hal ini bisa mengurangi beban Kakeru dan bisa megubah masa depan?
film orange
Naho bersama sahabatnya Suwa yang ternyata juga mendapatkan surat yang sama dari masa depan mencoba bekerja sama untuk menyelamatkan hidup Kakeru. Mereka berdua akhirnya memberi tau ketiga temannya tentang surat dari masa depan dan tentang kematian Kakeru. Awalnya ketiga sahabat mereka tidak percaya, tapi pada akhirnya mereka percaya dan bersama-sama untuk menyelamatkan hidup Kakeru. Mereka berusaha memberikan kenangan-kenangan indah kepada Kakeru untuk mengurangi beban dan penyesalan atas meninggalnya sang ibu.
***
Dalam surat dikatakan bahwa Kakeru akan kalah dalam sebuah pertandingan olahraga dan karena kekalahan tersebut ia merasa sangat sedih dan menyesal. Agar hal tersebut tidak terjadi, akhirnya Naho dan keempat temannya yang lain mengajukan diri untuk ikut bertanding bersama Kakeru. Mereka berjuang keras untuk memenangkan pertandingan bersama Kakeru agar Kakeru merasa bahagia. Pada akhirnya, mereka berhasil memenangkan pertandingan dan mengubah sebuah penyesalan di masa depan.  
film orange
Akhirnya tibalah hari dimana di dalam surat dikatakan bahwa hari itu Kakeru akan meninggal karena ia bunuh diri. Naho dan teman-temannya merasa cemas. Tiba-tiba, ia mendapatkan pesan dari Kakeru untuk ikut kumpul bersama nanti malam. Melihat hal tersebut, Naho dan teman-temannya sedikit lega dan beranggapan bahwa apa yang di katakan dalam surat mungkin tidak akan benar-benar terjadi.
Malamnya, Kakeru pergi ke kamar ibunya dan mengenang kembali bagaimana ia telah kehilangan ibunya karena kesalahannya sendiri. Ia mendapati handphone ibunya melihat pesan yang pernah ia kirimkan ke ibunya dulu. Pesan-pesan tersebut pasti sudah menyakiti perasaan ibunya. Kekecewaan dan rasa bersalah pada dirinya sendiri semakin bertambah tatkala ia melihat sebuah video dari ibunya yang mengatakan bahwa ibunya sangat menyayanginya dan melakukan semua cara agar Kakeru bahagia. Ia semakin sedih dan karena merasa bersalahnya ia hendak mencoba untuk bunuh diri. Ia menangis sambil mengayuh sepeda.
Di sisi lain, Naho dan teman-temannya merasa cemas karena Kakeru tidak kunjung datang. Mungkinkah apa yang dikatakan dalam surat akan benar-benar terjadi?
Mereka akhirnya memutuskan untuk datang ke rumah Kakeru. Sampainya disana, ia tidak menemukan Kakeru dan berlari mencarinya di jalan sekitar rumahnya.
Kakeru melihat bus besar akan melintas dan ia sengaja mengayuh sepedanya kearah mobil tersebut sambil mengingat rasa bersalahnya. Namun, di samping rasa bersalah, ia juga mengenang banyak kenangan indah bersama Naho, gadis yang ia sukai dan juga teman-temannya yang lain. Mereka sudah banyak memberikan kenangan indah untuknya dan ia tidak ingin kehilangan sahabat-sahabatnya tersebut. Akhirnya ia membelokkan sepeda dan terjatuh di aspal. Bus melesat cepat tanpa melukainya.
Naho dan teman-temannya yang melihat kondisi Kakeru dengan cepat membantu Kakeru. Mereka tersenyum dan menangis bersama. Pada akhirnya, Naho dan sahabatnya menyadari bahwa kebersamaan dan kebahagiaan yang mereka berikan kepada Kakeru bisa membuat masa depan berubah. 
film orange
#Untuk diriku di masa depan, aku 10 tahun dari sekarang. Terimakasih sudah membantu kami menyelamatkan Kakeru #

Sinopsis by : Yuni/zonajepangkorea.blogspot.com


8 Comments

aku masih ga ngeh sama endingnya.
akhirnya kakeru meninggal apa gmn ?
knp naho menikah dg suwa

This comment has been removed by the author.

sama, ga paham juga sma endingnya...

ini asli cerita nya ngena banget, aki suka bangettt.. keren si kalo ngerti sama mksd cerita nya, the best

Masih menjadi misteri, kenapa yg komen hny pas bulan desember doang?

sinopsis kurang matang analisisnya, klo selamat y g meninggal dong..dong..dong,


EmoticonEmoticon