Tuesday 11 April 2023

Swing Girl, Film Komedi Jepang Bertema Musik Jazz

 


Sinopsis Swing Girls

Film komedi Jepang, Swing Girl bisa nih menjadi salah satu alternative tontonan minggu ini. Sebenarnya film ini sudah terbit sejak tahun 2004 silam, tapi entahlah kenapa kita baru memiliki kesempatan membuat sinopsisnya sekarang. Sudah sangat telat ya, tapi ga masalah karena ditonton tahun kapanpun esensi dari film akan tetap sama, ya ga sih?

Karena ini adalah film lama, pasti sudah banyak diantara kamu yang sudah menontonnya. Anggap aja sinopsis ini sebagai ajang nostalgia atau yang belum nonton bisa banget dimasukkan dalam daftar list tontonan. Jadi film yang disutradarai oleh Shinobu Yaguchi ini bercerita tentang antusias dan semangat anak SMA untuk membangun klub music mereka.

Dimulai dengan kehidupan anak sekolahan bernama Tomoko dan teman-temannya yang terlihat tidak tertarik mengikuti pelajaran. Suatu ketika, klub musik yang pergi ke sebuah acara pertandingan lupa membawa bekal siang mereka. Alhasil, Tomoko dkk langsung mendapat ide untuk mengantar bekal siang klub musik tersebut. Tujuan utamanya bukan untuk mengantar makanan sebenarnya tapi itu hanya alasan agar mereka tidak mengikuti pelajaran. Sudah bisa ditebak, bukannya membantu, mereka justru membuat anak-anak klub musik pada sakit perut karena makanan yang mereka bawa sudah basi akibat terlalu lama dijalan. Gimana ga basi, mereka tertidur di kereta hingga melewatkan stasiun pemberhentian lalu mandi di sungai setelah nyebur ke sawah. Tidak hanya basi, makanan itu bahkan ada yang sudah bercampur dengan kerikil.Haha.

Karena itu, ketua klub meminta Tomoko dan teman-temannya bertanggungjawab untuk menggantikan klub musik di pertandingan berikutnya karena anggota klub masih sakit. Ditambah lagi, dia juga tau Tomoko mencuri satu kota nasi yang harusnya diberikan pada anggota klub. Ketua club mengancam akan memberitahu guru mengenai itu. Awalnya Tomoko dkk tidak peduli, tapi akhirnya setuju karena dengan begitu berarti mereka perlu latihan dan tidak perlu mengikuti kelas tambahan remedial matematika. Awalnya mereka tidak serius sama sekali, tapi lambat laun mereka mulai jatuh cinta dengan music Jazz dan membentuk Big Band Jazz dengan berbagai perjuangan mereka.  

Yang membuat film ini menarik karena menginspirasi dan membangkit antusias seseorang untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan. Tomoko dkk jatuh cinta dengan music Jazz dan bertekad untuk membesarkan nama mereka dengan memenangkan pertandingan. Banyak kendala dan hal konyol yang mereka lalui, seperti bekerja di mall hingga mencari jamur di hutan sampai di kejar babi hutan demi mendapatkan uang membeli peralatan musik. Meski begitu, kisah mereka sebenarnya ringan sih. Ada banyak kejadian lucu juga yang membuat kita tidak bisa menahan tawa melihat tingkah konyol Tomoko dkk. Jadi untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan pekan ini dengan film komedi yang ringan dan penuh inspirasi bisa banget menonton Swing Girl.  

Detail film

Judul              : Swing Girls

Sutradara       : Shinobu Yaguchi

Tanggal rilis : 11 September 2004

Distribusi      : Toho

Starring/Pemain

Tomoko Suzuki - Juri Ueno

Tomoko merupakan seorang gadis SMA dengan karakter ceria tapi agak pemalas belajar di kelas. Namun, dia memiliki antusias yang tinggi saat menaruh minat terhadap sesuatu. Ketika dia mulai jatuh cinta dengan jazz, maka disaat itu dia melakukan banyak hal untuk bisa bermain saxophone dan menjadikan band jazznya dikenal banyak orang. Karakter Tomoko diperankan oleh aktris Juri Ueno.

Mungkin ada diantara teman-teman yang merasa ga asing dengan pameran Tomoko di film ya. Bisa jadi karena teman-teman pernah nonton filmnya yang lain yaitu Rainbow Song atau Cantabile the movie. Banyak lagi sih karya nya lainnya, tapi kebanyakan orang mengenal Juri Ueno dari nodame cantabile the movie karena memang film ini cukup terkenal ya. Terbaru, Juri Ueno berperan dalam serial komedi He’s Expecting.

Takuo Nakamura (Yuta Hiraoka)

Berikutnya adalah si cowok ganteng pemain piano bernama Takuo Nakamura. Jadi Takuo adalah salah satu orang yang bertanggungjawab untuk klub musik. Entah karena alasan apa, Takuo telah memiliki niat untuk resign dari klub musik namun karena kehadiran Tomoko dkk, dia justru lebih bersemangat untuk membesarkan klub musik mereka lagi. Takuo di perankan oleh actor Yuta Hiraoka yang juga memiliki andil dalam banyak film dan acara televisi. Paling terbaru, Yuta Hiraoka menjadi peran penting dalam Fukushu no Miboujin dan Handling Method for Grumpy Woman.     

Kaori Sekiguchi (Yuika Motokariya)

Berbeda dengan Tomoko, Kaori adalah gadis dengan karakter pemalu, kikuk, dan manis. Dalam Big Band Jazz yang mereka dirikan, Kaori menjadi pemain trombone. Peran ini diisi oleh Yuika Motokariya dimana movie Swing Girl ini menjadi movie pertamanya. Sebelumnya Yuika juga pernah mengisi berbagai macam drama series. Terbaru, kita bisa menemukan Yuika Motokariya di Pandora’s Fruit dan Dear My Loneliness and Darkness.     

Selain 4 karakter tersebut, juga ada karakter yang cukup menonjol lainnya seperti si megang drum yang amat menggemaskan Yukari (Naomi Tanaka) dan 2 cewek punk memegang guitar elektrik Kana (Hiromi Watanabe) dan Fumiko (Yuka Yamamoto).




EmoticonEmoticon